Default

Bedanya Islamic Finance Vs Conventional Finance

Islamic finance vs conventional finance memiliki dampak yang begitu besar bagi bidang keuangan. Berbicara tentang keuangan islam atau syariah dengan keuangan konvensional pastilah akan menginatkan kita kepada bank konvensional dan juga bank syariah yang dimana bank konvensional ini merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya secara konvensional dan terdiri atas bank umum konvensional dan juga ada bank perkreditan untuk rakyt. Sedangkan bank syariah merupakan bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah dan terdiri atas bank umum syariah serta bank pembiayaan rakyat syariah. Dari pengertian tersebut bisa kita ambil kesimpulan bakwa keuangan konvensional dengan keuangan islam memiliki perbedaan yang cukup jauh namun fungsinya sama yakni sama sama bergerak dalam bidang keuangan.

Bank diantara kita menggunakan jasa keuangan syariah maupun konvensional. Bahkan biasnaya banyak yang menggunakan jasa dari perusahaan keuangan konvensional. Namun keuangan konvensional bebeda dengan keuangan syariah. berita hari ini merupakan keuangan islam atau syariah yang berjalan dengan berdasarkan adanya aturan dan syariat islam yang belaku. Islamic finance vs conventional finance ini bisa kita lihat dari prosesnya. Jika keuangan islam menerapkan sistem jual beli dan mencangkup murabahah, salam, istishna. Sedangkan keuangan konvensional menerapkan sistem pembiayaan dengan adanya kredit investasi, kredit modal kerja, kredit konstruksi, kredit usaha kecil kredit usaha tani, kredit untuk koperasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi bisa kita lihat dengan jelas bahwa Islamic finance vs conventional finance memang berdampak besar dalam dunia keuangan. Jika perusahaan keuangan konvensional lebih menerapkan ke proses menabung dan juga adanya kredit, namun keuangan syariah lebih menerapkan sistem bagi hasil dan musyawarah bersama. Selain itu dalam sistem keuangan syariah ini memang menggunakan ilmu agama islam dan menjauhi yang namanya haram, riba, dan lain sebagainya. Berbeda dengan keuangan konvensional yang menawarkan adanya bunga dan memang bunga tersebut menguntungkan. Namun jika bagi yang berhutang akan berdampak lain. Untuk itu, kembali kepada pribadi masing-masing orang lebih suka pakai jasa perusahaan keuangan islam atau keuangan konvensional.